Awas! Ini Titik Rawan Longsor Bagi Pemudik di Jalur Selatan

Ilustrasi. Antrean kendaraan mengular di tol. (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)

Arah - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap mengimbau pemudik yang melintasi jalur selatan Jawa Tengah, khususnya batas Jawa Barat hingga Karangpucung, untuk mewaspadai beberapa titik rawan longsor.

"Hingga saat ini, intensitas hujan di wilayah Cilacap masih tergolong tinggi sehingga pemudik yang melewati jalur selatan Jateng diimbau untuk waspada dan hati-hati saat terjadi hujan," kata Kepala (Kalakhar) Pelaksana Harian BPBD Cilacap Tri Komara Sidhy di Cilacap, Sabtu (2/7/2016) seperti dikutip Antara.

Menurut dia, titik rawan longsor tersebut berada di sekitar Jalan Raya Panulisan atau beberapa ratus meter dari tugu batas Jateng dan Jabar, Kebun Cikukun yang berada di antara Wanareja dan Majenang, serta ruas Cimanggu-Karangpucung.

Selain itu, kata dia, kondisi jalan nasional di jalur selatan Jateng tersebut juga berkelok dan licin saat terjadi hujan.

"Oleh karena itu, kami mengimbau pemudik khususnya yang bersepeda motor untuk hati-hati dan waspada saat terjadi hujan, lebih baik cari tempat berteduh dan melanjutkan perjalanan setelah reda," katanya.

Sementara Kalakhar BPBD Banyumas Prasetyo Budi Widodo mengatakan bahwa pada jalur selatan Jateng yang melewati Kabupaten Banyumas terdapat beberapa titik rawan longsor dan rawan amble, khususnya di antara Karangpucung (Cilacap), Lumbir, dan Wangon.

"Ruas jalan antara Karangpucung dan Wangon banyak terdapat tikungan tajam, terutama di wilayah Lumbir. Oleh karena itu, pemudik harus berhati-hati terutama saat terjadi hujan," katanya.

Berita Terkait

Jalur Tol Jakarta-Cikampek Padat Merayap Jalur Tol Jakarta-Cikampek Padat Merayap
Tips Mudik yang Aman untuk Ibu Hamil Tips Mudik yang Aman untuk Ibu Hamil
7 Bisnis Menggiurkan Jelang Hari Raya Idulfitri 7 Bisnis Menggiurkan Jelang Hari Raya Idulfitri

#Mudik Lebaran #Idul Fitri #jalur selatan #arahramadan #Ramadan 1437 H

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar