Wow! Teknologi Ini 100 Kali Lebih Cepat dari Wi-Fi

Akses Internet Li-Fi (ilustrasi), alternatif Wi-Fi. (Dailymail)

Arah -  Di era serba digital, akses Internet cepat menjadi berangsur menjadi kebutuhan vital. Tiap orang terus berburu, mulai mencari akses cepat berbasis kabel fiber optik sampai nirkabel seperti Wi-Fi dan kini LTE.

Khusus Wi-Fi, yang rata-rata menggunakan frekuensi 2,4 Ghz, kecepatan yang dihasilkan untuk laptop pada umumnya mencapai 100 Mbps. Tak heran, untuk "dosis" sehari-hari, kecepatan ini cukup memuaskan.

Tapi, dalam dua tahun ke depan, Wi-Fi bisa masuk dalam sejarah. Karena lampu di rumah nantinya akan mampu memberikan akses hingga 100 kali lebih cepat dari koneksi Wi-Fi yang ada sekarang ini.

Ialah Oledcomm, startup asal Prancis, yang memperkenalkan teknologi bernama Li-Fi di ajang Mobile World Congress, Barcelona, belum lama ini.

Teknologi Li-Fi memanfaatkan komunikasi cahaya—seperti kode digital Morse, sehingga tidak bisa menembus dinding layaknya akses Wi-Fi. Namun, ini justru relatif lebih cepat dan aman dari interferensi.

Sistem Li-Fi menggunakan komunikasi cahaya tampak (VLC), antara 400 dan 800 Terahertz (THz) untuk menjembatani pertukaran data dalam kode biner, dan menyuguhkan kecepatan yang sangat tinggi.

Dalam uji coba di laboratorium, teknologi ini mampu menghasilkan kecepatan lebih dari 200 Gbps. Kecepatan ini dikira-kira mampu mengunduh 23 keping DVD sekaligus dalam waktu satu detik.

"Li-Fi memungkinkan kecepatan 100 kali lebih cepat dari Wi-Fi, yang juga menggunakan gelombang radio untuk mengirimkan data," ujar Suat Topsu, pendiri sekaligus direktur utama Oledcomm, seperti dikutip Dailymail.

Nantinya, koneksi ini diramalkan akan menjadi bagian vital dalam perkembangan Internet of Things—era di mana seluruh perabotan di rumah, seperti TV, microwave, kulkas, dan sebagainya, terhubung ke Internet.

Tak hanya di rumah, koneksi Li-Fi pun diproyeksi akan banyak diterapkan di fasilitas umum seperti rumah sakit, sekolah, pusat belanja, dan transportasi publik.

Meski demikian, Li-Fi membutuhkan waktu untuk benar-benar menggantikan Wi-Fi, yang notabene sudah kadung mengakar dalam kehidupan selama bertahun-tahun. Tapi, bukan hal yang mustahil, jika suatu hari nanti manusia menuntut kecepatan Internet yang lebih tinggi lagi, Li-Fi telah tersedia dan siap diadopsi.

Masih penasaran seperti apa cara kerjanya? Berikut videonya:

Berita Terkait

Ini 5 Teknologi Rumah Pintar yang Bakal Marak Tahun 2016 Ini 5 Teknologi Rumah Pintar yang Bakal Marak Tahun 2016
Wuss! Telkomsel Uji Akses Data Seluler 1 Gbps Wuss! Telkomsel Uji Akses Data Seluler 1 Gbps
Ini Media Sosial yang Paling Digemari di Indonesia Ini Media Sosial yang Paling Digemari di Indonesia

#Area WIFI #Akses Internet Wi-fi #Internet of Things (IoT) #Internetan #Internet 4G LTE #internet #teknologi

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar