Tiga Permintaan Presiden Jokowi untuk Iran

Presiden Joko Widodo memberi sambutan saat pembukaan KTT Luar Biasa ke-5 OKI di JCC, Senayan, Jakarta, Senin (7/3). KTT Luar Biasa ke-5 OKI membahas mengenai Palestina dan Al-Quds Al-Sharif. (Antara/OIC-ES2016/Subekti)

Arah -  Indonesia meminta Iran untuk menahan diri demi untuk menjaga stabilitas keamanan dan perdamaian di kawasan Timur Tengah.

Pernyataan itu disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif di sela penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (KTT LB OKI), yang digelar di Jakarta Convention Center Jakarta, Senin (7/3/2016).

"Kita menyampaikan kepada Menlu Iran agar disampaikan kepada Presiden Rouhani mengenai pentingnya menahan diri untuk menjaga stabilitas keamanan dan perdamaian di Timur Tengah," kata Presiden Jokowi dalam keterangan persnya.

Menurut Presiden Jokowi, Menlu Iran telah setuju dan akan menyampaikan pesan tersebut kepada Presiden Iran Hassan Rouhani.

Jokowi menambahkan dalam pertemuan itu, kedua pihak menyatakan memiliki komitmen yang sama untuk memberikan dukungan penuh bagi kemerdekaan Palestina.

Selain itu, dua pihak setuju untuk memperkuat kerja sama investasi.

"Iran ingin memperkuat kerja sama investasi Indonesia di Iran, dan Iran juga akan investasi di Indonesia," kata Presiden.

Sebelumnya, Iran mengapresiasi langkah Indonesia yang hendak menengahi konflik antara negara itu dengan Saudi Arabia.

Selama ini, keterlibatan Indonesia bertujuan memerankan diplomasi aktif dalam menjaga stabilitas dan keamanan dunia.

Hal itu karena Indonesia menganggap konflik dua negara itu, Saudi Arabia dan Iran, pasti akan berpengaruh terhadap Indonesia. (Antara)

Berita Terkait

Indonesia Sumbang 1.5 Juta Dolar per Tahun untuk Palestina Indonesia Sumbang 1.5 Juta Dolar per Tahun untuk Palestina
Ini Alasan Pemerintah Indonesia Dukung Palestina Ini Alasan Pemerintah Indonesia Dukung Palestina
Polisi Sterilkan Lajur Sudirman Thamrin Bagi Delegasi KTT OKI Polisi Sterilkan Lajur Sudirman Thamrin Bagi Delegasi KTT OKI

#negara negara oki #ktt luar biasa oki #KTT OKI #kemerdekaan palestina #Presiden Jokowi #Joko Widodo #iran #Ekonomi Iran

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar