Angsa Selalu Terbang Berkelompok, Ini Penjelasan Ilmiahnya

Angsa selalu terbang berkelompok dalam formasi V. (Foto: dkfindout.com)

Arah -  Angsa adalah unggas yang kerap ditemui di sekitar kita. Binatang berleher panjang dan bersuara bising ini, selain dikenal sebagai hewan peliharaan, juga ada yang masuk spesies liar. Di negara-negara sub-tropis dan yang memiliki 4 musim, bahkan banyak terdapat jenis angsa liar.

Pada musim dingin, akan mudah dijumpai serombongan angsa terbang mencari daerah yang lebih hangat, meninggalkan wilayah musim dingin. Yang kerap menjadi pertanyaan, kenapa unggas ini selalu terbang berkelompok dalam formasi membentuk huruf “V”?

Baca juga: 

Bikin Haru! Begini Isi Surat Wasiat Orang Terkaya Arab Saudi

Mau Cantik Tapi Irit, Tutorial Makeup Ini Dijamin Bisa...

Dari penelitian ornitologi (ilmu tentang burung), disimpulkan saat setiap burung mengepakkan sayapnya, hal itu memberikan "daya dorong" bagi burung yang terbang tepat di belakangnya. Dengan demikian, saat angsa terbang berombongan, angsa yang terbang di belakang tidak perlu bersusah-payah untuk menembus 'dinding udara' di depannya.

Dengan terbang dalam formasi "V", seluruh kawanan dapat menempuh jarak terbang 71% lebih jauh daripada kalau setiap burung terbang sendirian. Dengan formasi ini, tentu pemimpin rombongan yang berada paling depan, lebih cepat terkuras energinya. Ketika itu terjadi, ia terbang memutar ke belakang formasi, dan angsa lain akan terbang menggantikan posisinya.

Berita unik terbaru lain hanya di arah.com

Berita Terkait

Ternyata, Lumba-lumba Selalu Berbicara dengan Satu Kalimat Penuh Ternyata, Lumba-lumba Selalu Berbicara dengan Satu Kalimat Penuh
Apa yang Kamu Lakukan Jika Panjang Umur Seperti Kakek Ini? Apa yang Kamu Lakukan Jika Panjang Umur Seperti Kakek Ini?
Wow! Ular Terbesar di Dunia Ditemukan di Brasil. Berapa Bobotnya? Wow! Ular Terbesar di Dunia Ditemukan di Brasil. Berapa Bobotnya?

#Fakta Unik #Fenomena Unik #Hewan/ Binatang Unik

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar