Begini Bunyi Puisi Rizal Ramli Saat Posisinya Diganti

Dok: Menko Bidang Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan (kanan) berjabat tangan dengan Rizal Ramli ketika mengikuti serah terima jabatan (sertijab) Menko Bidang Kemaritiman di Gedung BPPT, Jakarta, Kamis (28/7). Luhut B. Pandjaitan yang sebelumnya menjabat Menko Polhukam dirotasi menjadi Menko Bidang Kemaritiman menggantikan Rizal Ramli dalam kabinet kerja. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Arah -  Mantan Menko Kemaritiman Rizal Ramli membacakan bait puisi WS Rendra saat ditanyai awak media terkait penggantian dirinya di posisi tersebut.

Rizal, usai acara serah terima jabatan di Jakarta, Kamis (28/7), membacakan puisi tersebut mengisyaratkan bahwa kendati keluar dari pemerintahan, perjuangannya tidak akan berakhir untuk ikut membangun bangsa.

"Mau di luar dan di dalam, itu tidak penting-penting amat. Karena di mana pun kita berada, kita harus mampu mengubah Indonesia ke arah lebih baik," katanya.

Kemudian, sambil mengambil teks puisi WS Rendra dari saku jasnya, Rizal membacakan sebait puisi karya sahabatnya itu.

"Kita bacakan saja 'quotation' puisinya Rendra yang juga sahabat lama saya. Dia katakan,

'Kemarin dan esok adalah hari ini. Bencana dan keberuntungan sama saja. Langit di luar, langit di badan, bersatu dalam jiwa'," katanya.

Dalam perombakan kedua Kabinet Kerja pada Rabu (27/7), Presiden Jokowi mengganti Rizal dengan Luhut Binsar Panjaitan yang sebelumnya menjabat sebagai Menko Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam).

Antara melansir, Rizal Ramli yang merupakan aktivis sejak duduk di ITB, memang cukup kritis terhadap pemerintah, termasuk saat menjabat sebagai Menko Kemaritiman.

Mantan menteri era Presiden Abdurrahman Wahid itu banyak membuat kontroversi dan kerap memberikan pernyataan reaktif, bahkan terhadap kinerja menteri atau pejabat lainnya.

Berita Terkait

Ahok: Reshuffle Tidak Pengaruhi Reklamasi Ahok: Reshuffle Tidak Pengaruhi Reklamasi
Rizal Ramli: Reklamasi Dibatalkan Risiko Pengembang Rizal Ramli: Reklamasi Dibatalkan Risiko Pengembang
Rizal Ramli Jajaki Kerja Sama Maritim dengan Yunani Rizal Ramli Jajaki Kerja Sama Maritim dengan Yunani

#Rizal Ramli #Menko Bidang Kemaritiman #Menteri Koordinator Kemaritiman #Reshuffle Kabinet

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar