Ini Cara Kemenkes Cegah Kekerasan Anak

Ilustrasi. Kekerasan kepada anak. (Foto: pixabay/geralt)

Arah -  Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berperan serta dalam mencegah terjadinya kekerasan terhadap anak-anak Indonesia.

"Anak merupakan kelompok rentan untuk mengalami kekerasan. Dimana dampaknya tidak hanya secara fisik, namun juga psikis dan sosial yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan, menghambat pertumbuhan dan perkembangan anak," kata Dirjen Kesehatan Masyarakat Kemenkes RI Anung Sugihantono di Jakarta, Minggu (31/7).

Menurut Kementerian Kesehatan, banyak faktor yang mempengaruhi terjadinya kekerasan, namun peran dan kehadiran orang tua serta keluarga sangat penting dalam mencegah terjadinya kekerasan terhadap anak.

Mengingat berbagai peristiwa dan kejadian kekerasan yang menimpa dan dialami sebagian anak Indonesia beberapa waktu terakhir ini, Kemenkes menyampaikan enam pesan untuk pencegahan kekerasan

Pertama, memperbanyak komunikasi dengan anak, bicara terbuka dari hati ke hati. Kedua, dengan cara mulai memperkenalkan anak dengan bagian-bagian tubuhnya dan jelaskan yang bersifat pribadi.

Ketiga, dengan cara mengajarkan anak untuk berani mengatakan tidak, untuk hal-hal yang tidak benar. Keempat, dengan cara mendampingi anak dalam menonton audio visual dan internet.

Kelima, dengan cara membekali anak dengan nilai-nilai moral, norma sosial dan agama sesuai dengan usia pemahaman anak.

Keenam, dengan cara memperbanyak komunikasi dengan guru tentang kondisi anak.

Sementara itu, Anung mengajak semua pihak untuk terus meningkatkan pengetahuannya tentang kesehatan anak khususnya dalam hal pemantauan pertumbuhan dan perkembangan serta pencegahan kekerasan terhadap anak.

"Mari bersama-sama mencegah terjadinya kekerasan terhadap anak-anak Indonesia," katanya, seperti dikutip Antara..

Berita Terkait

Menkes Investigasi 5 Provinsi Terindikasi Vaksin Palsu Menkes Investigasi 5 Provinsi Terindikasi Vaksin Palsu
Polsek Pancoran Tangkap Empat Tersangka Pemerkosa Anak Polsek Pancoran Tangkap Empat Tersangka Pemerkosa Anak
Polisi Imbau Perketat Pengawasan Anak untuk Cegah Kekerasan Seks Polisi Imbau Perketat Pengawasan Anak untuk Cegah Kekerasan Seks

#kekerasan terhadap anak #Kementerian Kesehatan

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar