Pernah jadi Rektor dan Menteri, Mobil Pribadi Anies 'cuma' Avanza

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan menggunakan sepeda motor untuk mengantar anaknya ke sekolah. (Foto: twitter.com)

Arah -  Bagi sebagian orang, menjadi menteri yang terbilang sebagai pejabat negara tentu identik dengan banyak fasilitas dan kemewahan. Bahkan hal itu boleh jadi bisa dinikmati, meski yang bersangkutan tak lagi menyandang jabatan sebagai pembantu presiden.

Namun hal itu tidak berlaku bagi mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan. Hampir sepekan lepas jabatan Mendikbud, mantan juru bicara tim kampanye Jokowi-JK saat Pilpres 2014 silam itu, kini kembali ke kehidupan 'normal'-nya. Termasuk dalam hal fasilitas transportasi.


Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan menggunakan sepeda motor untuk mengantar anaknya ke sekolah. (Foto: path)



Direktur Eksekutif Centre for Strategic and International Studies (CSIS), Philips Jusario Vermonte mengungkapkan, Anies 'hanya' memiliki sebuah mobil Toyota Avanza. Itu pun penggunaannya harus berbagai dengan seluruh anggota keluarga yaitu Anies sendiri, istrinya, serta 4 anaknya. 

"Kalau selama ini ada mobil lain yang dia gunakan, ya selalu mobil dinas. Selama jadi menteri pun Anies most of the time pakai Kijang, boleh dibilang Crown menterinya amat sangat jarang digunakan," ungkap Philips di akun facebooknya. Anies dan Philips sudah lama bersahabat, termasuk ketika sama-sama menuntut ilmu di Amerika Serikat.


Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan rehat sejenak di parkiran sepeda motor sekolah anaknya, setelah menggunakan sepeda motor untuk mengantar anaknya ke sekolah. (Foto: twitter.com)

"Keluarganya dan keempat anaknya menggunakan Avanzanya itu dari dulu. Tentu perlu kendaraan lain untuk Anies beraktivitas, yang selama ini tidak pernah dipikirkan olehnya karena ada mobil dinas. Baik dulu mobil dinas sebagai rektor Paramadina atau 20 bulan terakhir sebagai menteri. Kebutuhan pribadinya masuk ranking kesekian, dibandingkan urusan publik," lanjut Philips.

Sehingga tidak mengherankan, jika di media sosial beredar foto Anies Baswedan menggunakan sepeda motor untuk mengantar jemput anaknya sekolah. Tak kurang pendiri Sekolah Lazuardi yang merupakan tempat anak Anies bersekolah, yaitu Haidar Bagir sendiri, memergoki sang mantan menteri itu tengah rehat sejenak di parkiran motor sekolah.


"Pak Anies Baswedan mengantar anaknya masuk hari pertama sekolah ke SD Lazuardi, Cinere. Naik motor, tanpa pengawalan," tutur Haidar di akun twitternya.

Selain kembali ke kehidupan 'normal' dalam hal fasilitas transportasi, setelah tak lagi menjabat menteri Anies kini lebih leluasa berkumpul bersama teman dan sahabatnya, yang kebanyakan dari kalangan akademisi dan aktivis.

Hal itu misalnya berlangsung pada Ahad (31/7) pagi, ketika serombongan sahabat Anies berkunjung ke kediamannya. Mereka kemudian sarapan bersama, dengan bekal yang dibawa masing-masing. Sementera sang tuan rumah, memanggil tukang bubur gerobak dan lontong sayur yang melintas di depan rumah, untuk sekedar menjamu para tamu.


Berita Terkait

Ditanya Aktivis Kenapa Direshuffle? Ini Penjelasan Anies Baswedan Ditanya Aktivis Kenapa Direshuffle? Ini Penjelasan Anies Baswedan
Tunggu Pembeli Sambil Baca Quran, Abang Bakso ini Banjir Pujian Tunggu Pembeli Sambil Baca Quran, Abang Bakso ini Banjir Pujian
Karyawan Kemendikbud Lepas Anies Baswedan dengan Isak Tangis Karyawan Kemendikbud Lepas Anies Baswedan dengan Isak Tangis

#Anies Baswedan #Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) #Reshuffle Kabinet #Foto Viral #Foto Unik #Fakta Unik

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar