Komisi V DPR: Manajemen Lion Air Tidak Profesional

Ilustrasi: Pesawat Boeing 737 milik maskapai Lion Air. (Wikimedia.org)

Arah - Anggota Komisi V DPR RI Nizar Zahro mengatakan pihaknya memberikan "pekerjaan rumah" baru untuk Menteri Perhubungan yang baru, Budi Karya Sumadi, untuk menyelesaikan persoalan 'delay' yang kerap melanda maskapai Lion Air sekaligus memperbaiki infrastruktur bandara lainnya.

"Kita sudah memberikan 'PR' bagi Menhub baru, apalagi dia mantan dirut Angkasa Pura (AP). Tentu dia paham betul fasilitas AP bahwa bandara harus steril dari orang yang tidak berkompeten di situ," ujar Nizar di Jakarta, Selasa (2/8).

Nizar meminta Menhub segera bertindak tegas menangani persoalan Lion Air yang sering berulang ini.

"Harus ditindak lanjuti, saya dari Komisi V berharap agar Ditjen Perhubungan Udara tegas dan membuktikan janjinya, yaitu mengurangi rute Lion Air yang delay dan tidak menambah rute baru untuknya (Lion Group)," Kata Politisi Partai Gerindra itu.

Menurutnya, Batik Air --anak usaha Lion Grup-- bisa mengatur jadwalnya dengan baik dengan manajemen yang profesional, namun Lion Air yang memiliki kapasitas pesawat lebih banyak, manajemennya malah sangat lemah dan tidak profesional.

"Contoh saja tiga hari lalu, ada lima pesawat yang delay, ya itu harus tegas. Saya berkeyakinan Lion Air tidak akan pernah mengubah itu karena manajemen belum profesional," tuturnya.

Dia menambahkan, bahwa ada hak penumpang yang harus tetap diberikan berupa kompensasi dan alasan penerbangan ditunda harus jelas disampaikan kepada penumpang.

"Adapun hak penumpang wajib diberikan oleh Lion Air. Diatur oleh regulasi, delay ada kompensasi uang. Jujur saja katakan kepada penumpang, kalau itu ganti pesawat, alasan cuaca. Alasan-alasan yang tidak logis dibuang jauh-jauh," pungkasnya. (Hary Anto)

Berita Terkait

Terkait Isu Lion Air 'Delay', Ini Penjelasan Kemenhub Terkait Isu Lion Air 'Delay', Ini Penjelasan Kemenhub
Terkait 'Delay', Kemenhub Panggil Lion Air Besok Jam 10 Pagi Terkait 'Delay', Kemenhub Panggil Lion Air Besok Jam 10 Pagi
Calon Penumpang Lion Air Keluhkan Keterlambatan Penerbangan Calon Penumpang Lion Air Keluhkan Keterlambatan Penerbangan

#Lion Grup #Manajemen Lion Air #Lion Air #Pesawat Delay #Jadwal Penerbangan #Penerbangan Domestik #Rute Penerbangan Ditunda #Maskapai Penerbangan #Kementerian Perhubungan #Komisi V DPR #Kemenhub #Dirut PT Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi #Budi Karya Sumadi

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar