Terkait Isu Lion Air 'Delay', Ini Penjelasan Kemenhub

Direktur Umum Lion Air Edward Sirait (Kiri) dalam konferensi Pers di Kantor Kemehub, Jalan Merdeka Barat, Jakarta, Selasa (2/8). (arah.com/Dani Hermansyah)

Arah - Kementerian Perhubungan saat ini belum menjatuhkan sanksi pada maskapai Lion Air terkait kejadian penundaan lima jadwal penerbangan pada hari Minggu (31/07) lalu.

Saat ditemui di kantornya, Kepala Biro Komunikasi Kementrian Perhubungan Hemi Pramuraharjo mengatakan, pihaknya masih mengevaluasi sebab dan akibat apa yang terjadi setelah delay tersebut.

"Apakah ada variabel lain, baik di dalam internal perusahaan atau justru ada faktor lain di luar perusahaan yang membuat penerbangan Lion Air sering delay," jelas Hemi di Jakarta, Selasa (2/8).

Menurut Helmi pihaknya tidak bicara mengenai evaluasi sanksi tapi mencari tahu apa sebab-musabab terjadinya penundaan (delay).

"Karena tidak hanya Lion Air. Mungkin yang paling ramai kemarin ini Lion, tapi sebenarnya semua airline juga banyak mengalami delay. Ini yang akan kita evaluasi secara keseluruhan, apa sih yang menjadi penyebab delay. Kita juga aka melihat bagaimana bandaranya, bagaimana sistemnya, bagaimana ATC-nya. Semua akan kita lihat dan evaluasi," papar Hemi.

Sebab itu, Kemenhub menegaskan akan melakukan perbaikan secara menyeluruh pada seluruh maskapai dan bandara yang ada di Tanah Air.

"Kalau ada instrumen-instrumen yang berkontribusi menyebabkan delay, nah ini harus kita perbaiki," ucap Hemi.

Hemi juga mengatakan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah menggelar rapat tertutup untuk mengklarifikasi kejadian delay hari Minggu lalu bersama pihak Lion Air.

Namun, hasil rapat itu dirahasiakan dan belum diumumkan ke publik. (Dani Hermansyah)

Berita Terkait

Komisi V DPR: Manajemen Lion Air Tidak Profesional Komisi V DPR: Manajemen Lion Air Tidak Profesional
Terkait 'Delay', Kemenhub Panggil Lion Air Besok Jam 10 Pagi Terkait 'Delay', Kemenhub Panggil Lion Air Besok Jam 10 Pagi
Calon Penumpang Lion Air Keluhkan Keterlambatan Penerbangan Calon Penumpang Lion Air Keluhkan Keterlambatan Penerbangan

#Manajemen Lion Air #Lion Air #Pesawat Delay #Kementerian Perhubungan #Kemenhub #Budi Karya Sumadi

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar