Pejuang Indonesia Ini Ternyata Bangun Masjid Pertama di Afsel

Masjid Auwal, masjid pertama di Afrika Selatan dibangun Mujahid Indonesia. (Foto/notesfromcapetown.wordpress.com)

Arah - Namanya Imam Abdullah Qadi Abdussalaam (1712-1807) biasa disebut dengan Tuan Guru, mungkin sebagian kita terdengar asing. Namun, bagi Warga Boo Kaap, Cape Town, Afrika Selatan, nama Tuan Guru dikenal sebagai ulama besar yang mendirikan Masjid pertama di Afrika Selatan. Tuan Guru adalah seorang Qadi Kesultanan Tidore.

Tuan Guru adalah pejuang asal Tidore, Maluku Utara, yang menentang kolonialisme Belanda. Perlawanannya dalam menentang penjajahan di Tidore, membuat Tuan Guru ditangkap dan dipenjarakan di beberapa tempat, lalu diasingkan ke Pulau Robben, Cape Town, Afrika Selatan.

Hari-hari menjalankan hukuman dan melihat kondisi sosial masyarakat yang diperbudak oleh Belanda yang merampas kekayaan dan hak-hak masyarkat Afrika selatan, akhirnya Imam Abdullah Bin Qadi Abdussalam bertekad melakukan perlawanan tanpa senjata lewat penyadaran dan pendidikan Agama Islam bagi masyarakat sekitar.

Baca Juga:

Pada Bulan Safar Allah Menurunkan Musibah dan Bencana, Benarkah?

Seekor Burung Pipit Sekali pun, Membantu Nabi Ibrahim

Subhanallah, Inilah Tanda-tanda Kemunculan Imam Mahdi Akhir Zaman

Catat! 10 Peristiwa Penting yang Terjadi di Bulan Muharam

Penting, Ini Keutamaan Puasa Bulan Asyura

Pada tahun 1793, Tuan Guru mengajukan permintaan untuk membangun masjid pada pemerintah Afrika Selatan yang saat itu dikuasai Belanda. Permintaan Tuan Guru ditolak. Belanda takut perkembangan Islam akan menganggu kekuasaannya. Bahkan, penjajah Belanda di Afrika Selatan juga melarang penyelenggaraan ibadah Islam.

Tuan Guru menentang kebijakan Belanda tersebut. Walau pembangunan masjid dilarang, Tuan Guru tetap menggelar Salat Jumat di tempat terbuka, di tempat kerja paksa, penggalian batu di Chiappini Street, yang juga tercatat sebagai Salat Jumat pertama yang dilakukan secara terbuka di Afrika Selatan.

Ketika Afrika Selatan dikuasai Inggris pada 1795, Jenderal Craig mempersilakan warga Muslilm untuk membangun masjid. Kesempatan tersebut tidak disia-siakan Tuan Guru. Tuan Guru langsung membangun masjid di tempat yang semula menjadi madrasah yang didirikannya.

Masjid inilah yang kemudian dinamai Masjid Auwal, mesjid pertama di Afrika Selatan. Tuan Guru meninggal pada 1807, dan dikebumikan di “kramat” Tana Baru, yang juga merupakan tempat pemakaman Muslim pertama yang dibangunnya di Afrika Selatan.

Berita Terkait

Penyembuhan Ala Pendeta Afsel, Pasien Disuruh Minum Oli Kendaraan Penyembuhan Ala Pendeta Afsel, Pasien Disuruh Minum Oli Kendaraan
Salah Vonis! Jenazah Ini Tiba-tiba Hidup Lalu Mati Lagi Karena... Salah Vonis! Jenazah Ini Tiba-tiba Hidup Lalu Mati Lagi Karena...
Jadi Jutawan, Dukun Ini Kenakan Pakaian Bertahtakan Uang Kertas Jadi Jutawan, Dukun Ini Kenakan Pakaian Bertahtakan Uang Kertas

#Tuan Guru #Tidore Kepulauan #Maluku Utara #Afrika Selatan

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar