Keren! Enam Mikrobot Bisa Tarik Mobil 1.800 Kg

MicroTug, mikrobot buatan mahasiswa Stanford University. (bdml.stanford.edu)

Arah -  Kamu pernah nonton film Big Hero 6? Jika sudah, tentu kamu ingat dengan mikrobot canggih punya Hiro yang bisa berubah wujud menjadi apa saja, dan mempunyai kekuatan dahsyat jika mikrobot itu menyatu.

Kurang lebih seperti itulah mikrobot yang baru saja dibuat oleh sejumlah peneliti di Stanford University. Bagi peneliti, menciptakan mikrobot dengan kekuatan dahsyat di dunia nyata hanya soal waktu.

Menurut para peneliti, jika ingin menggerakkan atau memindahkan sebuah objek besar dengan robot-robot mungil, cukup membutuhkan langkah presisi dan harmonisasi yang sempurna.

Dengan ide sederhana tersebut, sejumlah peneliti asal Biomimetics and Dexterous Manipulation Laboratory (BMDL) berhasil menggeser mobil sedan seberat 1.800 kilogram dengan enam mikrobot microTug, yang tiap-tiap robot hanya berbobot 17 gram.

"Meniru kerja semut, mengandalkan tim robot yang dinamis, bukan individual, robot-robot microTug telah mampu menggerakkan beban yang beribu-ribu kali lipat bobot mereka," ungkap David Christensen, mahasiswa pascasarjana BMDL Stanford University pada New York Times.

Seperti apa demonstrasinya, berikut videonya:

Berdasarkan kalkulasi para peneliti, Christensen mengatakan, video demonstrasi mikrobot microTug di atas kurang lebih ekuivalen dengan enam orang manusia menggerakkan satu Menara Eiffel.

Keren, ya?

Berita Terkait

Ini Makna Dibalik Tonjolan di Tombol F dan J di Keyboard Ini Makna Dibalik Tonjolan di Tombol F dan J di Keyboard
Bocah 7 Tahun Ciptakan Robot Pembersih dari Lego Bocah 7 Tahun Ciptakan Robot Pembersih dari Lego
Hidup Kurang Sukses? Ini 1 Tips Jitu dari Profesor Stanford Hidup Kurang Sukses? Ini 1 Tips Jitu dari Profesor Stanford

#robot #Stanford University #Penelitian #teknologi #unik

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar