Siapakah Caroline Lucretia yang Jadi Google Doodle Hari Ini?

Google Doodle edisi astronomi. (Google.com)

Arah -  Caroline Lucretia Herschel lahir di kota Hanover, Jerman pada 16 Maret 1750. Dia adalah seorang astronom Jerman dan adik dari astronom Sir William Herschel.

Kontribusi terbesar Caroline untuk astronomi adalah penemuan beberapa komet, khususnya komet 35P periodik/Herschel-Rigollet. Caroline merupakan perempuan pertama yang mendapat bayaran atas kontribusinya bagi ilmu pengetahuan.

Dia juga mendapat Gold Medal dari Royal Astronomical Society pada 1828 dan menjadi Anggota Kehormatan Royal Astronomical Society pada 1835 bersama Mary Somerville. Selain itu, Caroline juga menjadi anggota kehormatan Royal Academy Irlandia pada 1838.

Caroline merupakan adalah anak kedelapan dan putri keempat pasangan Isaac Herschel dan Anna Ilse Moritzen. Pada usia 10 tahun, Caroline terserang tifus dan terhambat pertumbuhannya.

Ayahnya berharap Caroline mendapatkan pendidikan tinggi, namun ibunya menentang. Akhirnya, ayahnya mengajari sendiri Caroline dan menyertakannya dalam pelajaran kakaknya.

Setelah kematian ayahnya, dia tinggal bersama kakaknya William di Bath, Inggris. Di sana, Caroline belajar menyanyi. Sementara William membuktikan dirinya sebagai organis dan guru musik di 19 New King Street, Bath, Somerset (sekarang Herschel Museum of Astronomy).

Di tengah kegiatannya menyanyi, Caroline membantu kakaknya yang juga menekuni astronomi. Dia menguasai aljabar dan rumus perhitungan dan konversi sebagai dasar untuk mengamati bintang.

Pada rentang 1786 hingga 1786, Caroline fokus pada penelitian astronomi yang mengkhususkan diri dalam mencari komet. Atas kontribusinya di bidang astronomi, Google mendedikasikan Google Doodle sekaligus memperingati hari kelahirannya yang jatuh pada Rabu (16/3/2016).

Berita Terkait

# Caroline Lucretia Herschel #Astronom Perempuan #Penemu Komet #Google Doodle

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar