Diberhentikan Dengan Hormat, Arcandra jadi Menteri Tersingkat

Menteri ESDM Arcandra Tahar (kedua kiri) bersalaman dengan Sekretaris Kabinet Pramono Anung seusai pengumuman reshuffle kabinet oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu (27/7). (Foto: setkab.go.id)

Arah -  Presiden Joko Widodo memberhentikan dengan hormat Arcandra Tahar, dari jabatannya sebagai menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terhitung mulai Senin (15/8). Dengan pemberhentian ini, Arcandra menjadi menteri dengan masa jabatan paling singkat, yaitu hanya 19 hari.

Sebelumnya Presiden memanggil pulang ahli teknik pengeboran lepas pantai itu, dari Houston, Texas, Amerika Serikat, untuk mengganti Sudirman Said. Pengumuman reshuffle kabinet jilid II dan pelantikan Arcandra sebagai menteri ESDM dilakukan pada Rabu (27/7).

Namun belakangan terungkap, Arcandra ternyata telah menerima status sebagai warga negara Amerika Serikat. Polemik pun bergulir, karena menteri sebagai pejabat negara harus diisi oleh Warga Negara Indonesia (WNI).

"Presiden memutuskan untuk memberhentikan dengan hormat saudara Arcandra Tahar dari posisi menteri ESDM," ujar Mensesneg Pratikno dalam konferensi pers di Istana Merdeka, Senin (15/8)

Menurut Pratikno, keputusan ini diambil oleh Presiden Jokowi setelah menyimak dinamika yang ada. Presiden juga sudah mendapatkan informasi dari berbagai sumber. "Setelah memperoleh informasi dari berbagai sumber," ujar Pratikno.

Untuk mengisi jabatan Menteri ESDM, Presiden untuk sementara menunjuk Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan.


Berita Terkait

Ombudsman: Presiden Lakukan Pelanggaran Serius Jika Arcandra WNA Ombudsman: Presiden Lakukan Pelanggaran Serius Jika Arcandra WNA
Ini Alasan Pemberhentian Menteri ESDM Arcandra Tahar Ini Alasan Pemberhentian Menteri ESDM Arcandra Tahar
Golkar Yakin Presiden Dapat Menyelesaikan Kasus Arcandra Golkar Yakin Presiden Dapat Menyelesaikan Kasus Arcandra

#Menteri ESDM #Arcandra Tahar #Reshuffle Kabinet #Kunjungan Presiden Jokowi #presiden joko widodo

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar