Pembelian Lahan Bekas Kedubes Inggris Terhambat Masalah Ini

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. (arah.com/Helmi Shemi)

Arah -  Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan mempercepat realisasi rencana pembelian lahan eks Kedutaan (Kedubes) Inggris yang berlokasi di sekitar Bundaran Hotel Indonesia (HI).

"Kami ingin mempercepat pembelian lahan eks Kedubes Inggris. Kami juga sudah berkonsultasi dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) mengenai rencana pembelian lahan itu," kata Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat.

Semula, menurut dia, pihak Kedubes Inggris menilai biaya notaris yang dibebankan sangat besar. Mengingat biaya yang diajukan cukup besar, yakni 0,8 hingga 1 persen dari total harga pembelian, atau sebesar Rp4,7 miliar.

"Makanya, kami terus berupaya supaya tidak perlu ada biaya untuk membayar notaris. Kami konsultasi dengan BPN kalau-kalau ada dasar peraturan pembelian untuk kepentingan umum tanpa bayar notaris," ujar Basuki dikutip antara.

Dia menuturkan apabila biaya notaris ditiadakan, maka akan memberikan keuntungan kepada Kedubes Inggris. Sehingga, diharapkan pembelian lahan tersebut dapat dilakukan pada tahun ini.

"Kalau tidak segera dibeli pada tahun ini, lahan itu akan dijual kepada pihak lain. Sedangkan Kedubes Inggris merasa keberatan dengan biaya notaris itu. Makanya, kami terus cari cara," tutur Basuki.

Sementara itu, dia mengungkapkan apabila sudah dibeli, lahan Eks Kedubes Inggris tersebut akan dibangun taman. Namun, bangunan yang sudah ada tidak akan dibongkar, melainkan ikut dimanfaatkan.

"Gedung kedubes tidak akan kami bongkar. Halaman-halamannya saja yang akan kami buat taman. Tapi gedungnya akan tetap kami manfaatkan untuk kepentingan pemerintah," ungkap Basuki. 

Berita Terkait

Akan Dirikan Universitas Islam Int'l, Jokowi didukung Inggris Akan Dirikan Universitas Islam Int'l, Jokowi didukung Inggris
Siti Zuhro: Publik Mulai Ragu dengan Ahok Terkait Reklamasi Siti Zuhro: Publik Mulai Ragu dengan Ahok Terkait Reklamasi
Taufik: Saya Komunikasi Sama Golkar, Katanya 'Nggak' Dukung Ahok Taufik: Saya Komunikasi Sama Golkar, Katanya 'Nggak' Dukung Ahok

#Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) #Kedutaan Besar (Dubes) Inggris #Taman Nasional #Inggris

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar