Kisah Pemulung Sogok Petugas Depsos DKI Jakarta

Keluarga Pemulung Kota Jakarta (Facebook/Eko Sulistyanto)

Arah - Dari belakang jalannya tampak gidal-gidul menahan tubuhnya yg berat. Tapi lincah dan semangat. Pagi ini ia mengawal gerobak yg ditarik anak cowoknya. Anak ceweknya ikut jalan di belakang. Dari jauh, gerobaknya tampak kosong.

Tunggu..saya jalan lebih cepat memastikan apa isi gerobaknya. Waoo..rupanya ada 3 piyek alias krucil. Imut-imut dg wajah celometan. Eh..sebentar. Ada monyetnya juga.

"Om mau apa motret-motret? Mau nangkep lagi ya?" kata si ibu tak begitu ramah. Saya cengar-cengir. Saya bilang tidak. Takut juga. Dia bawa alat buat ambil botol plastik macam celurit.

"Tangkap aja. Udah sering. Udah biasa. Ini baru saja keluar Depsos" katanya. Saya jadi nggak enak hati liat ibu dg 5 krucil plus satu monyet. Gerobak itu pasti rumahnya. Saya menemani jalan sambil ngobrol.

"Keluar Depsos bayar 1,8 juta buat dua anak saya," katanya. Saya kaget. Kurangajar ini Depsos. Benci banget sama yg kelakuan aparat yg begini.

"Saya ditangkap di Rawa Belong. Dibawa ke Depsos Kedoya. Baru dua minggu laku keluar. Bayar 1,8 juta. Bener," katanya.

Dia semangat ketika saya bilang mau laporin orang Depsos ke gubernur. Sepertinya dia mulai yakin saya bukan petugas yg bakal nggaruk. Sebelum pisah, saya kasih dia sangu.

"Hatihati Bu"

(Sumber : Facebook/Eko Sulistyanto)

Mudahnya berbagi info:

Redaksi arah.com menerima tulisan tentang komunitas menarik untuk dipublikasikan. Kirim tulisan kamu ke [email protected]. Bagi kamu yang tulisannya sudah dimuat di blog, sertakan link tulisan tersebut.

Atau untuk kamu yang punya video tentang aktivitas suatu komunitas, silakan kirimkan link video yang sudah diupload di situs Youtube ke [email protected], jangan lupa sertakan juga tulisan pendek minimal 3 paragraf.

Berita Terkait

Sentani, Danau Indah Dengan Pesta Adat Sentani, Danau Indah Dengan Pesta Adat
Ahok Wajibkan Mobil Angkutan Berbasis Aplikasi Terdaftar Pajak Ahok Wajibkan Mobil Angkutan Berbasis Aplikasi Terdaftar Pajak
Selamatkan Anak Jalanan Dengan Kegiatan Positif Selamatkan Anak Jalanan Dengan Kegiatan Positif

#pemulung #DKI Jakarta #Komunitas

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar