Yusril Yakin Bisa Patahkan Argumen Ahok Soal Cuti Petahana di MK

Bakal calon gubernur DKI Jakarta, Yusril Ihza Mahendra (arah.com/Restu Saputra)

Arah -  Sidang perdana uji materi terhadap pasal 70 Undang Undang Pilkada yang dimohonkan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) digelar Senin (22/8/2016). Pakar Hukum Tata Negara Yusril Ihza Mahendra meyakini nantinya dirinya akan mampu mematahkan argumen Ahok.

"Insya Allah, saya akan mampu mematahkan seluruh argumentasi hukum Pak Ahok di MK. Bagus jg kalau beliau datang sendiri ke MK nantinya," tulis Yusril melalui cuitan Twitternya @Yusrilihza_Mhd.

Dikatakan Yusril, dirinya masih belum merasa perlu untuk datang menanggapi pemohonan pengujian UU yang diajukan Ahok. Hari ini, lanjut Yusril, baru sidang pendahuluan di hadapan panel hakim untk mendengarkan pokok-pokok permohonan, argumentasi dan petitum yang dikemukakan Ahok.

"Minggu ini saya baru layangkan surat ke MK mohon diperkenankan menjadi Pihak Terkait dalam permohonan pengujian UU Pilkada ini. Saya mohon hal itu ke MK mengingat saya mempunyai kepentingan terhadap pokok permohonan yang Pak Ahok ajukan terkait cuti bagi petahana."

Yusril mengatakan dirinya akan membaca argumen Ahok untuk menyusun kontra argumen bahwa cuti bagi petahana adalah keharusan demi hukum dan keadilan. Dia yakin rakyat akan mendukung bahwa cuti bagi petahana memang harus dilakukan.

"Pilkada wajib dilaksanakan dengan jujur dan adil sera bebas dari kecurangan. Petahana yg tdk cuti potensial akan salahgunakan jabatan. Padahal, semua pihak harus berada dalam posisi setara dalam pilkada. Petahana yg msh aktif dlm jabatan berada dlm posisi yg diuntungkan."

Petahana, kata Yusril, bisa leluasa menggunakan posisi dan mempengaruhi segala sumber daya yang berada di bawahnya untuk keuntungan dirinya.

"Waktu menjadi penantang Pak Foke, Pak Ahok malah mendesak agar petahana cuti agar pilkada jujur dan adil. Maka mengherankan bagi saya, ketika jadi petahana, Pak Ahok malah mau MK batalkan pasal UU Pilkada yg wajibkan petahana untuk cuti."

Berita Terkait

MK Gelar Sidang Perdana Permohonan Ahok Soal Cuti Petahana       MK Gelar Sidang Perdana Permohonan Ahok Soal Cuti Petahana
Kepala BKD: Rustam Bisa Jadi Fasilitator di Badiklat Kepala BKD: Rustam Bisa Jadi Fasilitator di Badiklat
Walikota Jakut Mundur, Ahok Juga Sindir Rustam Gemar Main Golf Walikota Jakut Mundur, Ahok Juga Sindir Rustam Gemar Main Golf

#Yusril Ihza Mahendra #Cuti Petahana #Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) #Pengujian UU Pilkada

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar