Rudiantara: Telekomunikasi akan Dorong Ekonomi Digital di Pelosok

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara (Antara/Puspa Perwitasari)

Arah - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan telekomunikasi dapat mendorong ekonomi digital hingga ke pelosok kepulauan.

"Dengan telekomunikasi ini, masyarakat di Kabupaten Kepulauan Sangihe yang menjadi pelaku usaha mikro kecil dan menengah dapat memasarkan produknya, tanpa harus membawa barangnya, cukup mempromosikannya lewat situs," kata Rudiantara saat dialog interaktif sosialisasi "Palapa Ring" di RRI Manado, Sulawesi Utara, Jumat (26/8).

Menurutnya, lansir Antara, untuk mewujudkan hal itu memerlukan Internet yang dibangun melalui infrastruktur kabel bawah laut, kabel darat, microwave dan satelit.

"Bila tidak ada infrastrukturnya, kita tidak bisa menikmati Internet. Salah satu tujuannya meningkatkan ekonomi masyarakat yang ada di daerah kepulauan di Sulawesi Utara," kata mantan pejabat komisaris di PT Indosat itu.

Karena itu, dia mengatakan, pemerintah yang akan menyediakan belum meratanya layanan telekomunikasi ini sehingga seluruh masyarakat Sabang sampai Merauke bisa menikmatinya.

Apabila infrastruktur ini sudah selesai dibangun pada 2019, kata dia, operator dapat membangun "Base Transceiver Station" (BTS).

"Kalau minatnya kurang, kita kasih insentif, pemerintah kasih diskon agar operator bisa membangun dengan murah," ujarnya.

Berita Terkait

Menkominfo: Uber dan Grab Bisa Bahayakan Keamanan Negara Menkominfo: Uber dan Grab Bisa Bahayakan Keamanan Negara
Menkominfo Resmi Buka Pameran ICS 2016 Menkominfo Resmi Buka Pameran ICS 2016
Rudiantara: Satu Pelanggan Cukup Satu SIM Card! Rudiantara: Satu Pelanggan Cukup Satu SIM Card!

#Rudiantara #Menteri Komunikasi dan Informatika #Menteri Kominfo #Pembangunan Infrastruktur #Internetan #Internet 4G LTE

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar