Libur Lebaran, Ini Tempat Wisata Paling Diserbu di Jakarta

Arah - Masyarakat memanfaatkan libur lebaran pada hari ketiga dengan mengunjungi lokasi wisata, pusat perbelanjaan dan pusat kegiatan masyarakat yang berada di sekitar Jabodetabek.

Sekitar 43 ribu pengunjung telah memenuhi kawasan wisata pantai Ancol di Jakarta pada Senin kemarin dan diperkirakan akan terus meningkat.

Baca Juga: Rasa Eropa di Asia, Wisata di Kota yang Dilihat Nabi Nuh
Allahu Akbar! Muslim Asia Berdoa untuk Perdamaian Dunia

"Kami perkirakan jumlah pengunjung baik pada hari ini dan seterusnya akan meningkat," kata Corporate Communication PT Pembangunan Jaya Ancol Rika Lestari.

Pengelola Ancol memperkirakan pada hari kedua lebaran 2017 pengunjung dapat mencapai 100 ribu orang yang akan memadati sejumlah area rekreasi seperti Dunia Fantasi, Seaworld Ancol, Pantai Carnaval, Pantai Festival dan Pantai Lagoon maupun Atlantis Water Adventure.

Sebelumnya pada hari pertama Lebaran, Minggu (25/6), jumlah pengunjung Taman Impian Jaya Ancol hingga pukul 13.00 WIB hanya mencapai 30 ribu orang.

Rika memperkirakan puncak kunjungan di Ancol terjadi pada Selasa (27/6) dengan mempertimbangkan para pengunjung yang melakukan silaturahim terlebih dahulu kepada kerabat.

"Untuk target kami perkirakan selama libur lebaran 8 hari ini mencapai 875 ribu pengunjung Ancol," ujar dia.

Sementara itu pengelola lokasi hiburan Taman Mini Indonesia Indah menargetkan jumlah pengunjung hingga 350.000 orang selama dua pekan libur Lebaran, 25 Juni-9 Juli 2017.

Target ini dinilai cukup realistis mengingat pada 2016, jumlah wisatawan yang mengunjungi TMII selama sepekan libur Lebaran menembus angka 400 ribu orang.

"Sekarang karena masa liburnya dua pekan jadi seharusnya jumlahnya bisa jauh di atas target," ujar Kepala Bagian Humas TMII Jerrymias PT Lahama saat ditemui di Jakarta, Senin.

Puncak kunjungan diperkirakan akan terjadi pada H+3 Lebaran atau pada Selasa (27/6) dengan sekitar 60 ribu pengunjung.

"Hari H hingga H+3 Lebaran, pengunjung yang datang berasal dari wilayah Jabodetabek, sementara pengunjung luar daerah biasanya baru berdatangan setelahnya," kata Jerry.

Selama libur panjang Lebaran ini pihak pengelola TMII menaikkan harga tiket masuk dari Rp10.000 menjadi Rp15.000.

Sementara, destinasi wisata lainnya di Jakarta, Taman Margasatwa Ragunan bahkan menambah jam operasionalnya.

Pengelola Taman Margasatwa Ragunan mengantisipasi peningkatan jumlah pengunjung saat libur panjang Lebaran 2017 dengan menambah jam operasional kebun binatang, termasuk menambah lahan parkir.

Humas Taman Margasatwa Ragunan Wahyudi Bambang di Jakarta, Senin, mengatakan jam operasional loket dibuka lebih awal menjadi pukul 06.00 WIB, lebih cepat dibanding pada hari biasa yang dibuka pukul 09.00 WIB.

"Untuk loket buka dari jam 06.00 sampai jam 16.00. Kalau sore masih ada pengunjung, kita akan tetap buka sampai maksimal jam 17.00," kata Wahyudi Puncak kunjungan wisatawan ke Taman Margasatwa Ragunan diperkirakan sehari setelah Lebaran atau Selasa (27/6) kata Wahyudi Bambang.

"Biasanya puncaknya terjadi pada sehari setelah Lebaran, hari 'H' pertama dan kedua belum," ujar Wahyudi di Jakarta.

Dia menerangkan jumlah kunjungan wisatawan pada hari "H" Lebaran 2017 atau Hari Raya Idul Fitri 1438 H yang jatuh pada Minggu (25/6) mencapai 24 ribu orang. Jumlah tersebut di luar perkiraan pengelola yang hanya menargetkan 20 ribu pengunjung.

Namun, Wahyudi menjelaskan jumlah pengunjung Taman Margasatwa Ragunan pada hari ini hingga pukul 10.00 WIB tercatat sudah mencapai 23 ribu pengunjung.

Dia memaparkan pada musim Lebaran tahun lalu puncak kunjungan wisatawan ke Taman Margasatwa Ragunan terjadi sehari setelah Lebaran dengan total mencapai 169 ribu orang dalam sehari.

Berita Terkait

Libur Lebaran, Kebun Binatang Surabaya Dipadati Ribuan Pengunjung Libur Lebaran, Kebun Binatang Surabaya Dipadati Ribuan Pengunjung
Libur Lebaran, Pengunjung Bonbin Ragunan Lampaui Target Libur Lebaran, Pengunjung Bonbin Ragunan Lampaui Target
Ternyata Ini Alasan Tiga Artis Ini Rayakan Lebaran di Luar Negeri Ternyata Ini Alasan Tiga Artis Ini Rayakan Lebaran di Luar Negeri

#Jakarta #liburan panjang #Libur Lebaran #Idul Fitri 2017 #Idul Fitri 1438 H

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar