Mengungkap Motif Penganiayaan Ahli IT ITB

Mengungkap Motif Penganiayaan Ahli IT ITB
  • 15:10
    10 July 2017

    Polisi Masih Buru Pelaku Penganiayaan Ahli IT ITB

    Pihak kepolisian hingga kini masih memburu pelaku penyerangan pakar telematika alumni Institut Teknologi Bandung, Hermansyah, sekaligus saksi ahli Gerakan Nasional Pengawal Fatwa MUI (GNPF MUI) dalam kasus yang menjerat pemimpin FPI Rizieq Shihab. 
    Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono mengatakan pihaknya tengah berkoordinasi dengan Jasa Marga dan Polres Metro Jakarta Timur agar segera menemukan pelaku. 
    "Pelaku masih kami identifikasi. Anggota masih bekerja keras mencari siapa pelakunya, kami berkoordinasi dengan Jasa Marga, untuk melihat CCTV yang merekam. Kita tunggu saja penyidik," ujar dia di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Senin. 
  • 14:53
    10 July 2017

    Polisi Beberkan Alasan Kepindahan Perawatan Hermansyah

     Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono angkat bicara soal pemindahan perawatan Hermansyah, pakar telematika yang menjadi korban penyerangan pada Minggu (9/7) dari RS Hermina Depok ke RSPAD Gatot Soebroto. 
    "Lebih lengkap di sini. Tentunya tidak masalah sama-sama rumah sakit. Yang terpenting adalah keselamatan korban," ujar dia di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Senin. 
    Kemudian, mengenai pembatasan pembesuk Hermasyah, Argo mengatakan hal ini kewenangan pihak medis yang menangani Hermansyah. 
    "Dokter menilai siapa yang boleh menjenguk," kata Argo. 
  • 09:00
    10 July 2017

    Polisi: Penganiayaan Bermula dari Senggolan Mobil

    Polisi telah melakukan pengecekan terhadap Hermansyah (46) ahli IT, korban pembacokan di Tol Jagorawi yang saat ini dirawat di Rumah Sakit Hermina, Depok, Jawa Barat. Kepala Kepolisian Resort Kota Depok Komisaris Besar Herry Heryawan pun menjelaskan detail peristiwan pembacokan tersebut. 

    Menurut Herry peristiwa pembacokan terjadi pada Minggu dini hari sekitar pukul 04.00 WIB. Saat itu Hermansyah dan adiknya mengendarai mobil secara beriringan dari Jakarta menuju Depok. 

    Hermansyah mengendarai mobil Avanza dengan nomor polisi B 1086 ZFT. "Ketika iringan pulang di Tol Jagorawi mobil yang dikendarai adik korban (Hermansyah) kejar-kejaran dan saling pepet dengan mobil sedan sehingga mobil adiknya kesenggol dan korban berinisiatif membantu adiknya dengan mengejar mobil sedan tersebut, dari arah belakang ada mobil Honda Jazz yg merupakan teman dari pengendara mobil sedan memepet mobil Korban," kata Herry. 

  • 08:45
    10 July 2017

    GNPF Minta Semua Pihak Tunggu Peyelidikan Polisi

    Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI) Bachtiar Nasir membesuk ahli IT Hermansyah di RS Hermina, Depok, Jawa Barat. Bachtiar belum dapat memastikan ada-tidaknya kaitan pembacokan itu dengan posisi Hermansyah sebagai saksi ahli dalam perkara Habib Rizieq Syihab.

    Bachtiar telah bicara dengan istri Hermansyah soal kronologi pembacokan itu. Saat itu Herman sedang dalam perjalanan pulang lewat Tol TMII.

    "Kronologinya kata istrinya Herman, Herman kan jalan pulang lewat Tol Taman Mini disenggol mobil Jazz. Kemudian Herman mengejar sampai berhenti di depannya mobil Jazz, di belakang Avanzanya Herman, di belakangnya mobil sedan," kata Bachtiar kepada wartawan.

    Kemudian, lanjut Bachtiar masih berdasarkan keterangan istri Hermansyah, entah dari mana datangnya tiba-tiba ada lima orang yang memukuli Hermansyah. "Artinya sampai di situ yang saya tahu berdasarkan keterangan istrinya," ujarnya.

  • 08:30
    10 July 2017

    GNPF Cari Keterangan Terkait Penganiayaan Hermansyah

    Kepada keluarga Hermansyah, Bachtiar pun sempat menggali informasi seputar peristiwa pembacokan tersebut. Menurut Bachtiar kasus pembacokan ini bermula dari aksi saling pepet dan kejar-kejaran mobil di jalan tol yang berujung pengeroyokan. 

    Bachtiar menyimpulkan bahwa kasus pembacokan Hermansyah tak ada kaitannya dengan status dia sebagai saksi ahli Habib Rizieq Syihab. 

    "Setelah saya tanya langsung masih seputar adanya senggolan mobil dan kemudian kejar-kejaran baru kemudian terjadi pengroyokan," ungkap Bachtiar. 

    "Sampai di situ. Jadi ketika saya coba cari tahu belum ada hubunganya dengan beliau sebagai saksi ahli (untuk Habib Rizieq)," tambahnya. 

    Bachtiar menjelaskan bahwa Hermansyah pakar IT yang menguasai masalah penyadapan. Pada lebaran kemarin Hermansyah minta pendapat Bachtiar karena dia diminta menjadi saksi ahli dalam kasus chat mesum dengan tersangka Habib Rizieq. 

    Kepada Hermansyah, Bachtiar menyarankan untuk berkomunikasi dengan pengacara Habib Rizieq. Sepengetahuan Bachtiar, Hermansyah belum pernah diminta kesaksian untuk di BAP dalam kasus chat mesum tersebut. 

  • 08:15
    10 July 2017

    Ini Luka yang Dialami Hermansyah Ahli IT ITB

    Hermansyah (46) ahli IT yang jadi korban pembacokan di Tol Jagorawi telah selesai menjalani operasi. Saat ini dia sudah berada di ruang pemulihan. 

    "Kondisinya sudah selesai operasi sudah di ruang pemulihan dan baru selesai saya belum ketemu, baru dokter saja yang kasih keterangan," kata adik kandung Hermansyah, Nuti Suwarti kepada wartawan di RS Hermina. 

    Menurut Nuti, Hermansyah menderita luka di bagian pergelangan tangan, kepala dan leher. "Bagian bahu sama pergelangan tangan dan kepala itu semuanya ada di sebelah kiri sama di leher," paparnya. 

    Dia tak bisa memastikan apakah Hermansyah dibacok atau ditusuk. Yang pasti, kata Nuti, ada yang menghadang mobil Hermansyah di Tol Jagorawi pada Minggu dini hari tadi. 

  • 08:00
    10 July 2017

    Alumni ITB Desak Polisi Ungkap Motif Pembacokan Ahli IT ITB

    Ketua Ikatan Alumni Institut Teknik Bandung (ITB) di Jakarta Abdi Manaf meminta kasus pembacokan terhadap ahli IT Hermansyah diusut tuntas. Polisi diminta segera menangkap pelaku pembacokan tersebut.

    "Yang pertama harus segera diusut tuntas, cepat dan diungkap pelakunya sekaligus motifnya apa supaya tidak berkembang yang macem-macem," kata Abdi di RS Hermina, Depok, Jawa Barat.

    Abdi juga meminta ada jaminan perlindungan bagi warga dari tindak kekerasan, khususnya kepada aktivis yang kritis seperti Hermansyah.

    "Kedua, kejadian apapun ini adalah kekerasan, kita minta polisi memberi jaminan untuk meningkatkan perlindungan kepada warga khususnya kebetulan Herman ini aktivis kritis terhadap beberapa hal, nah itu perlu diberi jaminan," ujarnya.

  • 07:45
    10 July 2017

    Polisi Selidiki Kasus Penganiayaan Ahli IT ITB

     Pakar IT dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Hermansyah (46) dibacok sekelompok orang tidak dikenal di Tol Jagorawi KM 6, Jakarta Timur. Polisi saat ini masih menyelidiki kasus tersebut.

    "Kasusnya masih kami selidiki siapa pelakunya, motifnya apa. Yang terpenting, korban diselamatkan dulu," ujar Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Andri Wibowo.

    Andri mengatakan, pihaknya telah menerima laporan dari istri Hermansyah terkait kejadian itu. Sejumlah saksi sudah dimintai keterangan dan masih dalam pendalaman polisi.

    "Anggota sudah ke TKP untuk melakukan cek TKP," sambungnya.

  • 07:30
    10 July 2017

    GNPF Jenguk Saksi Hermansyah

     Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Bachtiar Nasir membesuk Hermansyah, ahli IT korban pembacokan yang saat ini tengah dirawat di Rumah Sakit Hermina, Depok, Jawa Barat. Dia ditemani oleh Juru Bicara FPI yang juga Tim Advokasi GNPF Munarman. 

    Bactiar menjelaskan bahwa kehadirannya membesuk Hermansyah karena kasus ini ramai di media sosial dan dikaitkan dengan status dia sebagai saksi ahli dalam perkara Habib Rizieq Syihab. 

    "Kehadiran saya karena di medsos ramai dan (Hermansyah) dikaitkan di masalah dia sebagai saksi (saksi ahli Habib Rizieq). Saya merasa berkewajiban ada di sini untuk melihat bagaimana sebenarnya," kata Bachtiar kepada wartawan di RS Hermina, Depok, Jawa Barat,

  • 07:15
    10 July 2017

    Kronologis Penganiayaan Ahli IT ITB

    Petistiwa itu terjadi sekitar pukul 04.00 WIB Minggu dini hari. Saat itu, korban sedang dalam perjalanan dari Jakarta Timur untuk pulang ke rumahnya dengan menggunakan mobil Toyota Avanza bernopol B 1086 ZFT.

    Saat melintas di Tol Jagorawi KM 6, di sekitar Taman Mini Indonesia Indah (TMII), mobil korban dipepet mobil sedan. Korban kemudian menghentikan mobilnya.

    Lima orang pelaku turun dari mobil dan menyuruh korban untuk membuka pintu. Korban turun, kemudian langsung diserang oleh para pelaku dengan senjata tajam.

    Atas kejadian itu, korban mengalami luka di bagian kepala, leher dan tangan. Sementara para pelaku melarikan diri, korban diselamatkan oleh petugas Jasa Marga. 

  • 07:00
    10 July 2017

    Ahli IT ITB Dikeroyok di Tol

     Hermansyah (46), pakar IT dari ITB dibacok sekelompok orang tidak dikenal di Tol Jagorawi KM 6. Sebelum dibacok, korban dipepet mobil sedan yang berisi 5 orang.

    "Informasi yang kami dapatkan, korban dibacok di Tol Jagorawi di dekat TMII," ujar Kapolresta Depok AKBP Herry Heryawan.

    Herry mengatakan, peristiwa terjadi sekitar pukul 04.00 WIB. Saat itu korban mengendarai mobil di tol, hendak pulang ke rumahnya di Depok.

    "Kemudian mobilnya dipepet oleh mobil yang berisi pelaku sekitar 5 orang," imbuhnya.