Bukan Hantu, Bus Tanpa Pengemudi Ini Beroperasi dengan Sendirinya

Arah - Bus merupakan jenis transportasi masal yang cukup efisien untuk mengangkut penumpang dalam jumlah yang banyak dalam satu kali perjalanannya. Pada umumnya, Bus beroperasi dengan dibantu oleh supir.

Namun, berbeda di negeri matahari terbit ini. Disini, ada sebuah bus yang diopersikan tanpa awak dan kondektur. Pada awalnya bus canggih ini dirancang untuk beroperasi untuk masyarakat pada saat Olimpiade 2020 mendatang di Tokyo, Jepang.

Dilansir dari laman ligiergroup, bus tanpa supir tersebut bernama EZ10 Robot Shuttle. Namun kini masyarakat Jepang sudah dapat menggunakan mode transortasi efisien ini di tepian pinggir Danau Tazawa di Perfektur Akita. Ez10 Robot Shuttle berjalan melayani masyarakat Jepang yang ingin berjalan-jalan pariwisata di tepian danau tersebut sepanjang 400 meter bolak balik.

Baca Juga: Enggak Cuma Ayam, KFC di China Jualan Smartphone
Tak Senyaman Tidur di Bumi, Begini Kamar Tidur Astronot

Semuanya terprogram dengan canggih pada bus tersebut dengan dilengkapi sensor serta alat kendali jarak jauh. Ia juga dilengkapi dengan sensor yang dapat memungkinkan ia berhenti ketika terdapat seserang berada didepannya. Berjalan dengan kecepatan hanya 10 kilometer per jam, bus ini sangat diminati oleh wisatawan.

Bus yang dapat menamung 12 penumpang ini meruakan terobosan baru hasil kerjasama Kantor Kabinet Jepang dengan perusahaan DeNA serta Pemda Akita. Bus ini berjalan berdasarkan mekanisme Global Positioning System (GPS), dengan sensor dan kamera CCTV, serta pinta yang daat terbuka dan tertutu secara otomatis.

Berita Terkait

Siap Lawan 'Palu Arit' di Indonesia, Rizieq: Ini Perjuangan Saya! Siap Lawan 'Palu Arit' di Indonesia, Rizieq: Ini Perjuangan Saya!
Jelang Debat Cagub DKI, Ini yang Jadi Fokus Anies Baswedan Jelang Debat Cagub DKI, Ini yang Jadi Fokus Anies Baswedan
Hakim MK Adakan Pertemuan, Bahas OTT Patrialis? Hakim MK Adakan Pertemuan, Bahas OTT Patrialis?

#Bus Turis #robot #transportasi umum #Penemuan Baru #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar