Alamak, Pria Ini 'Sabet' 145 Gelar Sarjana

Arah -  Sebagian besar orang menghadapi skripsi satu kali saja membutuhkan perjuangan ekstra untuk menyelesaikannya. Bayangkan jika ada seorang pria yang bisa meraih gelar akademis hingga 145.

Seorang pria berasal dari Chennai, India, bernama VN Parthiban berhasil meraih gelar sebanyak itu dalam waktu tiga dekade. Gelar-gelar itu pun tidak didapatkan dengan mudah, perlu perjuangan berat agar bisa menyelesaikan studi dengan baik.

Gelar-gelar tersebut di antaranya adalah 12 gelar riset (M.Phil), 8 gelar sarjana hukum (ML), 10 gelar kesenian (MA), 8 gelar perdagangan (M.Com), 3 gelar ilmu pengetahuan (M.Sc) dan 9 gelar bisnis (MBA). Dan itu hanyalah gelar yang diakui secara Internasional, masih ada 95 gelar lagi yang diperolehnya secara lokal di Chennai.

Pria berusia 55 tahun ini pun mengaku, meski sibuk dengan kegiatan belajar, hal itu tidak dijadikan sebuah beban. Justru itu malah menjadi pemicu untuk dia terus memperbanyak pengalaman dan ilmu agar bisa meraih gelar-gelar lainnya.

"Aku benar-benar menikmati belajar. Ini tidak sulit sama sekali. Aku telah terus-menerus dalam proses mempersiapkan diri untuk ujian agar mendapatkan gelar atau diploma baru," kata Parthiban dikutip dari Indiatimes.

Baca Juga: Cerita Polisi Australia yang Bisa Bahasa Indonesia
Haru, Begini Momen Perpisahan Mantan Kapolda Metro Jaya

Meski gelar itu berjejer rapi di belakang namanya, nyatanya ketika awal menjalankan studi itu pun tidak mudah bagi Parthiban. Apalagi ketika itu dia pun mesti membagi waktu dengan bekerja.

Sering kali Parthiban tertukar jadwal masuk kelas untuk kuliah, atau salah mempelajari mata kuliah yang diujikan. sehingga terkadang beberapa mata kuliah menjadi hambatan untuk dia segera menyelesaikan studinya.

Meski dirinya sudah mendekati usia pensiun, Parthiban tidak berniat berhenti dan ingin terus belajar. Hanya saja dia sadar diri jika umurnya tidak lagi muda untuk memahami pelajaran-pelajaran yang akan diberikan ketika kembali ke kelas.

Berita Terkait

Patrialis Akbar Ditangkap KPK, Ketua MK:Ya Allah Saya Mohon Ampun Patrialis Akbar Ditangkap KPK, Ketua MK:Ya Allah Saya Mohon Ampun
16 WNI yang Ditangkap Densus 88 Sempat Dideportasi Otoritas Turki 16 WNI yang Ditangkap Densus 88 Sempat Dideportasi Otoritas Turki
Benarkah Pertemuan dengan Rizieq Dongkrak Elektabilitas Anies? Benarkah Pertemuan dengan Rizieq Dongkrak Elektabilitas Anies?

#Artis India #Gelar Kehormatan #Sarjana Muda #wisata belajar #kuliah #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar