'Bikin Mewek', Ini Lagu Tersedih di Dunia Menurut Ilmuwan

Arah -  Coba Anda dengarkan sepotong lagu instrumental "Discovery of the Camp" yang ditampilkan dalam acara televisi "Band of Brothers".

Apakah Anda dibawa terlarut dalam nada-nada instrumen tersebut? Apakah nada lagu itu membuat Anda merasa cemas dan gelisah? Atau bahkan Anda sudah dibuat menangis?

Ternyata Anda tidak sendiri. Peneliti telah menggunakan lagu tersebut untuk "mendorong kesedihan" pada peserta di beberapa studi dalam beberapa tahun terakhir.

Dan hasil penelitian terbaru menunjukkan bahwa reaksi emosional yang kuat untuk lagu ini sebenarnya terkait dengan sifat empati dan "kepekaan terhadap penularan emosi".

Baca Juga: Wow! Terlalu Lama Berjemur, kepala Pria Ini Jadi 'Penyok'
Keren! Kostum Iron Man Dijual Nyata, Harganya?

Peneliti musik meminta 102 orang antara usia 18 dan 67 untuk mendengarkan "Discovery of the Camp" sebelum menjawab pertanyaan tentang apa yang mereka rasakan, seperti dilansir www.goodhousekeeping.com.

Berdasarkan jawaban mereka, peneliti membagi peserta menjadi tiga kelompok terpisah: mereka yang mengalami "kesedihan yang rileks" (lagu membuat mereka merasa damai), orang-orang yang mengalami "kesedihan gugup" (lagu membuat mereka merasa cemas atau takut), atau mereka yang mengalami "kesedihan bergerak" (lagu membuat mereka merasa intens, baik, sedih). Kemudian para peserta menyelesaikan serangkaian tes yang dirancang untuk mengukur empati.

Pada akhirnya, para peneliti menemukan bahwa orang yang mengalami "kesedihan mendalam" saat mendengarkan potongan lagu itu lebih cenderung memiliki skor empati yang tinggi dibandingkan dengan mereka yang mengalami "kesedihan yang rileks atau gugup".

Tentu saja penelitian ini memiliki banyak keterbatasan dan tidak berarti memiliki reaksi emosional yang kuat pada musik adalah bukti bahwa Anda orang yang empati. Tapi itu memberi kita bantahan yang baik pada saat mendengar lagu Titanic dan seseorang menghakimi kita menjadi sendu: "Tinggalkan aku sendiri, aku sensitif terhadap penularan emosi".

Berita Terkait

Kakek Asal Pangandaran Berjuang Rawat Cucunya yang Idap Penyakit Kakek Asal Pangandaran Berjuang Rawat Cucunya yang Idap Penyakit
Rizieq Minta BIN Berhenti Memata-matai Ulama Rizieq Minta BIN Berhenti Memata-matai Ulama
Tiru Kalsel, Sandiaga Janjikan Pasar Terapung di Kepulauan Seribu Tiru Kalsel, Sandiaga Janjikan Pasar Terapung di Kepulauan Seribu

#Musik #lagu #sedih #Instrumen Unik #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar