Pulau Terpencil ini Menjadi Sarang Sampah Pelastik Dunia

Arah - Di tengah Pasifik Selatan, terdapat sebuah pulau terpencil tidak berpenghuni.
Pusat populasi terdekat darinya berjarak lebih dari 5.000 km. Namun meski terpencil, ulah manusia merusak sampai ke sana.
Pulau Henderson merupakan pulau yang hanya dikunjungi oleh para ilmuwan setiap lima atau 10 tahun sekali.Ia adalah pulau terbesar dari empat wilayah Kepulauan Pitcairn yang berada di bawah yurisdiksi Inggris.

Baca Juga: Salat Arbain Membentuk Kesalehan Personal dan Sosial
Abdi Dalem sebagai Penyangga Budaya Keraton

Salat Arbain Membentuk Kesalehan Personal dan Sosial

Abdi Dalem sebagai Penyangga Budaya Keraton

Meski sangat jarang dijejakkan kaki oleh manusia, namun pulau ini "dihiasi" jutaan potongan sampah plastik yang terdampar di pesisir pulau.
Menurut penelitian terbaru ekotoksikawan laut, Jennifer Lavers, pantai Pulau Henderson dikotori hingga 671 buah sampah plastik setiap satu meter persegi,
volume terbanyak yang pernah disaksikan oleh para peneliti. Jika dilihat secara garis besar, pulau tersebut merupakan rumah bagi 37,7 juta potongan sampah plastik.
Dalam perjalanan studi, para peneliti menghitung lebih dari 53.000 buah sampah buatan manusia, yang berasal dari 24 negara berbeda.
Meski lokasinya terpencil, posisi pulau ini justru menjadikannya magnet bagi sampah-sampah yang mengambang.

Pulau Henderson terletak di Pasifik Selatan Gyre, yang berarti arus laut berputar-putar mengumpulkan sampah-sampah dari tempat lain, dan membawanya ke pintu masuk pulau.

Berita Terkait

Cianjur Siap Jadi Tempat Pembuangan Sampah Jakarta Cianjur Siap Jadi Tempat Pembuangan Sampah Jakarta
Sampah Plastik di Teluk Jakarta Dapat Jadi Bom Waktu Sampah Plastik di Teluk Jakarta Dapat Jadi Bom Waktu
Perayaan Pergantian Tahun di Jakarta Menyisakan 780 Ton Sampah Perayaan Pergantian Tahun di Jakarta Menyisakan 780 Ton Sampah

#Pulau G #sampah #aktifis lingkungan #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar