Inilah Hikmah Menjenguk Orang Sakit

Arah -  Dalam Islam, menjenguk orang sakit sangat dianjurkan. Banyak keutamaan yang diberikan kepada mereka yang mengunjungi kerabatnya yang sakit.

Rasulullah SAW bersabda: “Apabila seseorang menjenguk saudaranya yang muslim (yang sedang sakit), maka (seakan-akan) dia berjalan sambil memetik buah-buahan Surga sehingga dia duduk, apabila sudah duduk maka diturunkan kepadanya rahmat dengan deras. Apabila menjenguknya di pagi hari maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar mendapat rahmat hingga waktu sore tiba. Apabila menjenguknya di sore hari, maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar diberi rahmat hingga waktu pagi tiba.” (HR. at-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Imam Ahmad dengan sanad shahih). Di sisi lain, dengan menjenguk orang sakit akan membuat kita banyak bersyukur. Ternyata selama ini begitu melimpah nikmat yang telah dan sedang Allah SWT berikan kepada kita. Jika kita ingin menghitungnya, niscaya tak akan pernah kita mampu. Tapi sayangnya, kita kerap kali lupa dengan semua itu. Baru menyadari ketika kita sakit atau tertimpa musibah.

Baca Juga: Keutaman-Keutamaan Berada di Dalam Suatu Majlis Ilmu
Dahsyatnya Sholat 2 Rakaat Sebelum Subuh!!

Bagi seorang pemimpin, menjenguk orang sakit akan membawa dampak pada cara pandangny tentang kekuasaan. Jabatan dan tahta yang kita miliki hanyalah titipan. Suatu saat akan diambil dari kita. Entah melalui kematian atau sakit.

Sebab itu, selama kita berkuasa, baik sebagai presiden, menteri, gubernur, walikot, bupati atau wakil rakyat, manfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk kemaslahatan rakyat, bangsa dan negara. Jangan justru dijadikan kesempatan untuk menumpuk kekayaan dengan cara korupsi dan kolusi.

Karena itu, sering-sering kita menjenguk orang sakit. Dengan cara itu, kita akan menjadi orang yang pandai bersyukur dan memiliki orientasi akhirat ketika sedang berkuasa.

Berita Terkait

Pemindahan Ibukota Negara Harus Berdasar Kekuatan Hukum Tetap    Pemindahan Ibukota Negara Harus Berdasar Kekuatan Hukum Tetap
Timses Anies-Sandi Tuding Hasil Survei Tak Bertanggung Jawab Timses Anies-Sandi Tuding Hasil Survei Tak Bertanggung Jawab
Timses: Elektabiltas Ahok-Djarot Meningkat Tajam Setelah Sidang Timses: Elektabiltas Ahok-Djarot Meningkat Tajam Setelah Sidang

#sakit #ujian #hikmah kehidupan #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar