Kata Kamu: Apa itu Itikaf

Arah -  Itikaf artinya berhenti (diam) di dalam masjid dengan syarat-syarat tertentu, semata-mata niat beribadah kepada Allah. I'tikaf sunnah dilakukan setiap waktu, tetapi yang paling utama (afdhal) jika dilakukan dalam bulan Ramadhan.

I’tikaf pada bulan Ramadhan bisa dikatakan sebagai ruang perawatan khusus untuk menghilangkan kanker dosa dari dalam hati. I’tikaf merupakan lingkungan khusus yang jauh dari noda dan kotoran dunia.

Rasulullah diriwayatkan selalu melakukan I’tikaf pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan. Kemudian pada tahun di mana beliau meninggal dunia, beliau beri’tikaf selama dua puluh hari. Ketika beliau tidak bisa i’tikaf, beliau kemudian menggantinya dengan I’tikaf sepuluh hari pertama di bulan Syawal.

Dari Abdullah bin Umar r.a. bahwa ia berkata, “Rasulullah Saw. I’tikaf sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.” (HR Bukhari).

Dari Aisyah bahwa ia berkata, “Rasulullah Saw melakukan I’tikaf sesudah tanggal dua puluh Ramadhan hingga beliau meninggal dunia.” (HR Bukhari dan Muslim).

Lantas, apa pengertian itikaf menurut masyarakat kebanyakan? Simak "Kata Kamu" di video ini.

Berita Terkait

Awas! Jangan Gunakan Kalimat ini dalam Berdoa Awas! Jangan Gunakan Kalimat ini dalam Berdoa
Dua Cara ini Pasti Bisa Tekan Harga Sembako Dua Cara ini Pasti Bisa Tekan Harga Sembako
Ahli Astronomi: Puasa dan Lebaran bisa Bareng, asal ..... Ahli Astronomi: Puasa dan Lebaran bisa Bareng, asal .....

#arahramadan #mudahnyaberbagi #Itikaf

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar